Tentang Kami  

Mengenal Program Studi Akuntansi UNIKOM

Program Studi Akuntansi Universitas Komputer Indonesia mulai berdiri pada Tanggal 8 Agustus 2000 berdasarkan SK Mendiknas No. 126/D/0/2000. Lokasi kampus yang strategis, terletak di Pusat Pendidikan Kota Bandung dan mudah dijangkau dari berbagai arah, hal tersebut memudahkan untuk melaksanakan perkuliahan dengan lancar. Program Studi Akuntansi Universitas Komputer Indonesia Membuka dua Jenjang Studi, yaitu :

1. Jenjang S1 Status Terakreditasi dengan Nilai A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen pendidikan Nasional Republik Indonesia No: 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011.

2. Jenjang D3 Status Terakreditasi dengan Nilai A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No : 005/BAN-PT/Ak-SURV-III/DIII/IV/2012.

 

Visi, Misi, dan Tujuan Prodi Akuntansi D3

Visi Program Studi Akuntansi D3 :
Menjadi Program Studi Akuntansi D3 yang unggul dalam melahirkan lulusan ahli madya yang kompeten di bidang Akuntansi berbasis teknologi informasi dan komunikasi, memiliki jiwa entrepreneur serta berwawasan global dengan menggali potensi lokal.

Misi Program Studi Akuntansi D3:

Pernyataan misi Program Studi Akuntansi D3 UNIKOM adalah sebagai berikut:

1) Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu akuntansi, berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta entrepreneurship dalam menghasilkan lulusan ahli madya yang bermoral baik, mandiri, mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan berdasarkan budaya organisasi UNIKOM (PIQIE yaitu Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence), dengan mengoptimalkan sumber daya secara efisien, efektif dan produktif.

2) Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian di bidang akuntansi guna pengembangan ilmu dan pemecahan masalah di bidang akuntansi, dalam koridor budaya organisasi UNIKOM PIQIE.

3) Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat sesuai bidang ilmu akuntansi berbasis teknologi informasi dengan semangat entrepreneurship melibatkan seluruh civitas akademika berdasarkan budaya organisasi UNIKOM PIQIE.

4) Meningkatkan kuantitas dan kualitas jejaring untuk mendukung kemandirian program studi dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan perguruan tinggi lain, Asosiasi Profesi dan entrepreneurship, organisasi sektor publik serta organisasi swasta.

Tujuan Program Studi Akuntansi D3 :
1) Menghasilkan lulusan ahli madya yang kompeten, profesional, mandiri, beretika, di bidang akuntansi berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta berjiwa entrepreneur yang berwawasan global dengan menggali potensi lokal dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2) Meningkatkan kualitas dosen yang profesional dibidangnya.

3) Meningkatkan kualitas proses pengajaran sesuai perkembangan ilmu, teknologi dan praktik akuntansi, serta peraturan pemerintah.

4) Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian di bidang akuntansi.

5) Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat sesuai dengan disiplin ilmu akuntansi berbasis teknologi informasi dengan dijiwai semangat entrepreneurship bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

6) Meningkatkan kualitas tata kelola Program Studi Akuntansi D3 untuk mendukung terwujudnya Good University Governance.

7) Meningkatkan kuantitas dan kualitas jejaring kerjasama dengan pihak eksternal untuk dapat mendukung pelaksanaan tridarma perguruan tinggi serta di dalam penyerapan lulusan.

Profil Lulusan Program Studi Akuntansi D3 :

Lulusan Program Studi Akuntansi D3 sebagai outcome yang diharapkan diterima di masyarakat adalah

1) Teknisi Akuntansi Madya Internal Sektor Bisnis. Teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan ekstract, genetik, manufaktur dan jasa, berskala kecil, menengah, besar yang belum go public maupun perusahaan besar yang sudah go public. Keahlian ini berdasarkan SAK dan SAK-ETAP, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi komunikasi, keahlian komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa.

2) Teknisi Akuntansi Madya Internal Sektor Pemerintahan. Teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada pemerintah yang sesuai dengan standar akuntansi Pemerintahan (SPAP)dan prinsip-prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi Pemerintahan.

3) Teknisi Akuntansi Madya Eksternal. Teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang audit pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang,

4) Teknisi Madya Perpajakan. Teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang perpajakan pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar, dan/atau go public yang sesuai dengan standar (UU Perpajakan) dan Peraturan Perpajakan.

5) Teknisi Madya Sistem Informasi Akuntansi dan Teknisi Madya Teknologi Informasi. Teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang Sistem Informasi pada perusahaan, dan mampu membuat program aplikasi sederhana.

6) Wirausahawan. Mampu menciptakan lapangan pekerjaan di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah.

Visi, Misi, dan Tujuan Prodi Akuntansi S1

Visi Program Studi Akuntansi S1:
Menjadi Program Studi Akuntansi S1 yang unggul dalam melahirkan lulusan yang kompeten di bidang Akuntansi berbasis teknologi informasi dan komunikasi, memiliki jiwa entrepreneur serta berwawasan global dengan menggali potensi lokal.

Misi Program Studi Akuntansi S1:
1) Menyelenggarakan program pendidikan modern di bidang akuntansi secara teoritis dan praktis berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta entrepreneurship dalam menghasilkan lulusan yang berdedikasi, bermoral baik, mandiri, mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan berdasarkan budaya organisasi UNIKOM (PIQIE yaitu Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence), dengan mengoptimalkan sumber daya secara efisien, efektif dan produktif.

2) Meningkatkan kualitas penelitian di bidang akuntansi guna pengembangan ilmu dan kegunaan praktis didalam pemecahan masalah di bidang akuntansi, dalam koridor budaya organisasi UNIKOM PIQIE.

3) Meningkatkan partisipasi program studi dalam pengabdian kepada masyarakat berdasarkan budaya organisasi UNIKOM PIQIE yang sesuai dengan disiplin ilmu akuntansi yang berbasis teknologi informasi dan dijiwai semangat entrepreneurship.

4) Memperluas kerjasama dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan Program Studi Akuntansi perguruan tinggi lain, Asosiasi Profesi dan entrepreneurship, organisasi sektor publik serta organisasi swasta yang mampu mendukung kemandirian program studi.

Profil Lulusan Program Studi Akuntansi S1 :
Lulusan Program Studi Akuntansi S1 sebagai outcome yang diharapkan diterima di masyarakat adalah
1) Akuntan Internal (Internal Accountant). Akuntan yang menguasai konsep dan implementasi pelaporan keuangan untuk internal dan eksternal serta mampu melaksanakan audit internal baik pada perusahaan ekstract, genetik, manufaktur dan jasa, berskala kecil, menengah, besar yang belum go public maupun perusahaan besar yang sudah go public. Keahlian ini berdasarkan SAK dan SAK-ETAP yang didukung dengan kemampuan manajemen, teknologi informasi komunikasi, keahlian interpersonal komunikasi dan komunikasi massa yang baik.

2) Akuntan Internal Pemerintahan (Governmental Accounting Internal Accountant). Akuntan yang menguasai konsep teoritis akuntansi sektor publik dan mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada organisasi sektor publik yang sesuai dengan standar akuntansi dan prinsip-prinsip yang berlaku umum di bidang Akuntansi Sektor Publik..

3) Akuntan Eksternal (External Accountant). Akuntan yang menguasai konsep dan implementasi pemeriksaan laporan keuangan yang meliputi Audit Program, Pengujian Kepatuhan, Pengujian Substantive baik di sektor private maupun sektor publik.

Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis :
Visi yang telah ditetapkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKOM (FEB UNIKOM) adalah menjadi pusat pengembangan dan penerapan ilmu dalam bidang ekonomi dan bisnis terkemuka di Indonesia, yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dengan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi serta berjiwa entrepreneur yang berwawasan global dengan potensi lokal.

Misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis :
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan diatas, maka disusun misi FEB UNIKOM sebagai berikut:
1) Menyelenggarakan pendidikan berdasarkan budaya organisasi UNIKOM (PIQIE yaitu Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence) dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis yang didukung oleh penguasaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang tinggi, dan membangun academic atmosphere yang mendukung pencapaian jiwa entrepreneur yang tangguh serta berwawasan global dengan mengoptimalkan sumber daya secara produktif, yaitu efektif dan efisien.

2) Melaksanakan kegiatan penelitian yang unggul berdasarkan budaya organisasi UNIKOM PIQIE dalam berbagai disiplin ilmu di bidang ekonomi dan bisnis untuk menghasilkan temuan-temuan sebagai dasar pengembangan ilmu dan pemecahan masalah di bidang ekonomi dan bisnis secara nasional.

3) Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta entrepreneurship yang dapat memberikan manfaat pada BUMS, BUMN, BUMK yang keterkaitannya dengan skala usaha baik besar maupun UMKM yang saling mendukung. Disamping itu memberikan manfaat pada Pemerintah baik Pusat maupun Daerah dalam koridor budaya organisasi UNIKOM PIQIE.

4) Meningkatkan networking dengan industri baik ekstraktif, genetik, manufaktur maupun jasa, dalam organisasi swasta dan organisasi publik. Disamping itu sharing dan kolaborasi dilakukan dengan perguruan tinggi lain, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tujuan Fakultas Ekonomi:

Tujuan FEB UNIKOM adalah sebagai berikut:
1) Menghasilkan lulusan sarjana ekonomi dan ahli madya yang memiliki jiwa wirausaha (entrepreneur) yang tangguh dalam mengembangkan usahanya, baik dalam lingkungan usaha nasional maupun global dengan dukungan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang dilandasi nilai-nilai moral yang tinggi.

2) Menjadikan Pusat Pengembangan Bidang ilmu ekonomi dan bisnis berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan menghasilkan sistem pembelajaran yang berbasis kompetensi.

3) Menghasilkan penelitian yang dapat memperkaya khasanah keilmuan dengan menemukan konsep, yang dikonstruk melalui paradigma baru di bidang ekonomi dan bisnis yang berbasis pada moral dan etika dalam rangka memecahkan masalah ekonomi rakyat serta menunjang pembangunan daerah, nasional maupun International.

4) Memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang manajemen dan akuntansi, baik dalam organisasi bisnis maupun publik melalui pendidikan, pelatihan/penyuluhan, pembimbingan/pembinaan dan konsultasi.

5) Menghasilkan kinerja dari networking ditindaklanjuti dengan menyebarluaskan jaringan kerjasama, baik dengan perguruan tinggi, institusi lainnya termasuk dunia bisnis di dalam negeri maupun di luar negeri.

Budaya Organisasi

PIQIE

1. Profesionalism

2. Integrity

3. Quality

4. Information Technology

5. Excellence

Top
  • Follows us