Mengenal Program Studi Akuntansi

Mengenal Program Studi Akuntansi Program Studi Akuntansi Universitas Komputer Indonesia mulai berdiri sejak Tanggal 8 Agustus 2000 berdasarkan SK Mendiknas No. 126/D/0/2000. Lokasi kampus yang strategis, terletak di Pusat Pendidikan Kota Bandung dan mudah dijangkau dari berbagai arah, hal tersebut memudahkan untuk melaksanakan perkuliahan dengan lancar. Program Studi Akuntansi Universitas Komputer Indonesia Membuka dua Jenjang Studi, yaitu :

  1. Jenjang S1 Status Terakreditasi dengan Nilai A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen pendidikan Nasional Republik Indonesia No : 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011
  2. Jenjang D3 Status Terakreditasi dengan Nilai A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No : 005/BAN-PT/Ak-SURV-III/DIII/IV/2012

Total Mahasiswa Program Studi Akuntansi yang masih aktif Tahun Akademik 2010/2011 lebih kurang 600 mahasiswa, baik yang berasal dari Jawa Barat maupun Luar Jawa Barat, bahkan ada mahasiswa yang berasal dari Malaysia. Sampai dengan Tahun Akademik 2009/2010 Program Studi Akuntansi sudah meluluskan lebih dari 700 orang mahasiswa yang sebagian besar sudah bekerja.

Lulusan Program Studi Akuntansi diharapkan menguasai ilmu akuntansi , Profesional serta ahli di bidang IT dan E- Commerce, mampu merancang, mensimulasi dan memecahkan masalah-masalah akuntansi dengan menggunakan sistem komputerisasi mutakhir.

Visi, Misi dan Tujuan Jenjang S-1

  • Menjadikan Program Studi yang kompeten dan unggul di bidang ilmu akuntansi berbasis teknologi informasi dan entrepreneurship yang berwawasan global.

  • Misi :

    1.       Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran professional di tingkat strata satu dengan memberikan pengetahuan teoritis maupun praktis yang efektif dan efisien dengan pemanfaatan teknologi informasi agar menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Akuntansi serta mampu mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan pengguna (users).

    2.       Mengembangkan keterampilan mahasiswa yang memiliki dedikasi, bermoral, berintegrasi berwawasan dan mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan baik nasional maupun global.

    3.       Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu akuntansi berbasis teknologi informasi.

    4.       Melaksanakan kerjasama dalam pengembangan ilmu dan pendidikan di bidang Akuntansi dengan Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

    5.       Menjadikan tempat Uji Kompetensi dalam bidang Akuntansi dan berbasis teknologi informasi.

  • Tujuan :

    1.       Menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang ilmu Akuntansi yang berbasis teknologi informasi yang profesional dan berkualitas serta berwawasan global.

    2.       Menghasilkan Sarjana Ekonomi Akuntansi yang dapat memenuhi tuntunan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan berjiwa kewirausahaan yang tangguh dalam mengembangkan usahanya baik dalam lingkungan usaha nasional maupun global dengan dukungan penguasaan teknologi.

    3.       Mampu mengembangkan ilmu akuntansi dan teknologi informasi melalui karya ilmiah yang dihasilkan oleh tenaga pendidik maupun mahasiswa selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Visi, Misi dan Tujuan Jenjang D-III

  • Menjadikan lulusan Program Studi yang unggul dan aplikatif di bidang ilmu Akuntansi berbasis teknologi informasi dan memiliki kompetensi dalam entrepreneur dan intrapreneur yang berwawasan global pada tahun 2015.

  • Misi :

    1. Menyelenggarakan program pendidikan vokasi dan pengajaran profesional di tingkat ahli madya dengan memberikan pengetahuan teoritis maupun praktis yang efektif dan efisien dengan pemanfaatan teknologi informasi agar menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Akuntansi dan mampu mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan pengguna (users), serta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri secara tangguh dan mandiri.

    2. Mengembangkan keterampilan mahasiswa di tingkat ahli madya yang memiliki dedikasi, bermoral, berintegrasi, berwawasan dan mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan baik nasional maupun global.

    3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu akuntansi berbasis teknologi informasi dengan melibatkan partisipasi aktif sivitas akademika.

    4. Melaksanakan kerjasama dalam pengembangan ilmu dan pendidikan di bidang Akuntansi dengan Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

    5. Menjadikan tempat Uji Kompetensi dalam Bidang Akuntansi dan berbasis teknologi Informasi.

    6. Menjadikan tempat Uji Sertifikasi Kompetensi Program KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi) bekerja sama dengan VEDC (Vocasional Education Development Center) Malang.

    7. Memfasilitasi dan memotivasi mahasiswa dalam mengembangkan bidang entrepreneurship dan intrapreneurship.

  • Tujuan :

    1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan aplikatif di bidang ilmu Akuntansi yang berbasis teknologi informasi yang profesional dan berkualitas serta berwawasan global.

    2. Menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kompeten di bidang entrepreneurship dan intrapreneurship yang tangguh dalam mengembangkan usahanya baik dalam lingkungan usaha nasional maupun global dengan dukungan penguasaan teknologi.

    3. Menghasilkan lulusan yang mampu menangani masalah teknis dan organisasi yang berkaitan dengan akuntansi dan kewirausahaan.

    4. Mampu mengembangkan ilmu akuntansi dan teknologi informasi melalui karya ilmiah yang dihasilkan oleh tenaga pendidik maupun mahasiswa selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Profil Program Studi

Program Studi Akuntansi UNIKOM merupakan Program Studi pertama di Indonesia yang memberikan mata kuliah komputer sebagai mata kuliah wajib disamping mata kuliah keahlian lainnya. Lulusannya diharapkan menguasai ilmu akuntansi juga terampil, profesional serta ahli dibidang IT dan E-Commerce, mampu merancang, mensimulasi dan memecahkan masalah-masalah akuntansi dengan menggunakan sistem komputerisasi mutakhir.

Program Studi Akuntansi UNIKOM lahir pada tanggal 8 Agustus 2000 bersamaan dengan lahirnya UNIKOM pada saat itu Fakultas Ekonomi dipimpin oleh Prof. Dr. Hj. Ria Ratna Ariawati, M.S., Ak. yang merupakan salah satu dari 2 Program Studi studi yang dibuka pada saat itu. Sejak saat itu Program Studi Akuntansi terus berkembang, dan menjadi Program Studi yang mempunyai jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Perkembangan Jurusan Akuntansi tersebut didukung oleh sumber daya manusia yang handal, yang terdiri dari: Mahasiswa, Alumni, dan Staf Pengajar.

Program Studi Akuntansi FE-UNIKOM didukung oleh staf pengajar yang berkualitas, yang mempunyai latar belakang akademik dan praktek yang membanggakan. Staf Pengajar terdiri dari 20 dosen tetap yayasan dan 19 dosen luar biasa dan layanan. Dengan dukungan sumber daya manusianya, Program Studi Akuntansi telah melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai misinya; salah satunya adalah revisi kurikulum pendidikan sesuai dengan perkembangan kondisi yang ada. Kurikulum baru tersebut lebih banyak menekankan pada aspek teknologi informasi, keuangan, dan lebih menyelaraskan dengan minat mahasiswa.

Program Studi Akuntansi UNIKOM yang ada di dalam bagian Fakultas Ekonomi, pada saat ini dipimpin oleh Prof. Dr. Hj. Ernie Tisnawati Sule., SE., M.Si

Budaya Organisasi

PIQIE

1.       Profesionalism : Bekerja secara Profesional, Disiplin, Bertanggung Jawab, Komitmen Tinggi, Kompeten, Efisien dan Efektif, Berorientasi ke Masa Depan.

2.       Integrity : Memiliki karakter (sikap, watak, sopan santun) yang baik, Kredibel (dapat dipercaya), Menjaga Kehormatan dan Nama Baik, Jujur, Berdedikasi, Taat pada Peraturan dan Kode Etik, Bertaqwa.

3.       Quality : Kualitas dan Mutu Terbaik atas Perkuliahan, Sistem Pendidikan, Layanan Akademik, Penelitian, Pengabdian Masyarakat.

4.       Information Technology : Teknologi Informasi diterapkan pada Semua Aktivitas Perkuliahan, Sistem Pendidikan, Layanan Akademik, Penelitian, Pengabdian Masyarakat.

5.       Excellence : Menjadi Yang Terbaik, Kapabilitas (nalar, berpikir, kecerdasan) Tinggi, Mental Juara, Siap Berkompetisi, Menghasilkan Kinerja Unggul.