RANGKAIAN PERSIAPAN AKREDITASI IAPS 4.0 PRODI S1 AKUNTANSI DAN PRODI D3 AKUNTANSI

Pada Hari Kamis 3 Oktober 2019 Prodi S1 dan D3 Akuntansi, bertempat di Ruang Seminar Lantai 10 gedung UNIKOM, menerima pengarahan Direktur QA UNIKOM Dr. Ely Suhayati, SE. M.Si, Ak. CA. Hadir dalam pengarahan tersebut Dekan FEB Prof Hj. Dwi Kartini, Ketua Prodi S1 Akuntansi Dr. Siti Kurnia Rahayu, Ketua Prodi D3 Akuntansi Dr. Adeh Ratna Komala, Ketua Prodi S1 Manajemen Dr. Lita Wulantika, Ketua Prodi D3 Keuangan Perbankan & Manajemen Pemasaran, Dr Rizki Zulfikar. Pada pengarahan tersebut Direktur QA menjelaskan secara umum teknik pengisian Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan poin penting yg harus dituangkan dalam Laporan Evaluasi Diri (LED). Dijelaskan juga bahwa terdapat beberapa perbedaan akreditasi sebelum dan setelah revolusi industri 4.0. Dari pengarahan tersebut menyisakan banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dipersiapkan oleh 5 (lima) Prodi di FEB menjelang akreditasi beberapa tahun ke depan. Persiapan harus dilakukan mulai dari sekarang. Sangat dibutuhkan support dari berbagai pihak untuk persiapan mengahadapi akreditasi agar nilai akreditasi A baik Prodi Akuntansi D3 maupun S1 dapat dipertahankan. Acara diakhiri dengan penyerahan piagam pengharhaan dari Dekan FEB kepada Direktur QA Unikom.

Pada Tanggal 14 Oktober 2019, menindaklanjuti pengarahan dari Direktur QA UNIKOM, dalam arahan Dekan FEB Prof. Hj Dwi Kartini para Kaprodi Akuntansi & Manajemen berkunjung ke UNPAD untuk menjajakin persiapan ikut serta dalam acara Workshop Penyusunan LKPS & LED Akreditasi Program Studi

(APS)  versi 4.0 yang akan diselenggarakan oleh UNPAD pada Tanggal 25 & 26 Oktober 2019. Dalam kunjungan tersebut disambut oleh bakal pemateri Dr. Hj .Funny Mustikasari Elita, MSi (Kepala Satuan Penjamin Mutu UNPAD). Dijelaskan oleh beliau bahwa pengisian LKPS dan LED tidak lepas dari Rensra Universitas yg diturunkan ke Fakultas. adapun tingkat produ cukup mempersiapkan Renop. Dalam kunjungan tersebut dijelaskan secara singkat hal hal yang harus ada pada Renstra Universitas terkait pengisian LKPS dan LED APS. Turut berkunjung kaprodi Akuntansi D3 Dr. Adeh Ratna Komala dan Kaprodi Manajemen Dr Lita Wulantika.

Selanjutnya pada Tanggal 25 & 26 Oktober 2019 FEB Unikom yang dimotori Prof Dwi Kartini mengikuti acara Workshop Penyusunan LKPS & LED Akreditasi Program Studi (APS) versi 4.0 bertempat di gedung Magister Manajemen (MM) UNPAD. Ikut mendampingi tim FEB Unikom yaitu WR1 Prof. Dr. Umi Narimawati yang menjadi penyemangat Tim FEB Unikom dalam mempersiapkan diri memghadapi akreditasi AUN QA dan akteditasi 9 standar untuk masing masing Prodi. Peserta diantaranya Dr. Siti Kurnia Rahayu, Dr. Lita Wulantika, Dr. Rizki Dzulfikar dan Dr .Adeh Ratna Komala. Adapun pematerinya adalah Dr. Hj .Funny Mustikasari Elita, MSi (Kepala Satuan Penjamin Mutu UNPAD) dan Prof Dr Ir Imas Satiasih SU (Asesor BAN PT > 15 tahun). Acara tersebut dihadiri oleh 70 peserta. Dijelaskan dengan sangat lugas terkait teknik pengisian Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) & pembuatan Laporan Evaluasi Diri (LED)Para peserta sangat antusias mengkaji materi yang disampaikan para pemateri. Banyak perubahan terkait penysunan LKPS dan LED dibandingkan dengan sebelumnya. Salah satu poin penting yang harus diperhatikan bahwa tiap tiap prodi harus memiliki kekhasannya masing masing. Hal penting lainnya adalah Universitas harus memiliki Renstra yang akan dijadikan dasar dalam pengisian LED. UPPS baik tingkat fakultas atau universitas meruapakan satu kesatuan yang harus bersinergi untuk pempersiapkan semuanya. Intinya para peaerta mendapatkan penverahan dan tambahan energi dalam menyambut akreditasi revolusi 4.0.

  • Polls

    Apakah website ini membantu Anda ?

    • Ya (100%, 1 Votes)
    • Tidak (0%, 0 Votes)

    Total Voters: 1

    Loading ... Loading ...
  • About Author
    admin