Sambutan Dekan FEB

Prof. Dr. Hj. Dwi Kartini, SE., Spec.Lic

Bismillahirrohmanirohim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Fakultas Ekonomi didirikan berdasarkan SK No. 126/D/2000, memiliki 5 Program Studi, yaitu: S1 Manajemen; S1 Akuntansi; D3 Keuangan dan Perbankan; D3 Manajemen Pemasaran; dan D3 Akuntansi. Sebagai Ilmu yang tidak akan surut oleh waktu, karena sampai kapanpun dan dimanapun Ilmu Ekonomi tetap dibutuhkan dalam tataran organisasi bidang apapun. FE UNIKOM terus berupaya untuk berimprovisasi dan berinovasi untuk memajukan perkembangan Ilmu Ekonomi berbasis teknologi informasi. Mengacu pada perkembangan teknologi informasi yang tidak melupakan falsafah Ilmu Ekonomi, maka FEB UNIKOM memiliki Visi, Misi, dan Tujuan sebagai berikut.

VISI

Menjadi Pusat Pengembangan dan Penerapan Ilmu dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis yang terkemuka di Indonesia, yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dengan penguasaan teknologi,informasi dan komunikasi serta berjiwa entrepreneur yang berwawasan global

 MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berdasarkan budaya organisasi UNIKOM (PIQIE yaitu Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellence) dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis yang didukung oleh penguasaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang tinggi, dan membangun academic atmosphere yang mendukung pencapaian jiwa entrepreneur yang tangguh serta berwawasan global dengan mengoptimalkan sumber daya secara produktif, yaitu efektif dan efisien.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang unggul berdasarkan budaya organisasi UNIKOM PIQIE dalam berbagai disiplin ilmu di bidang ekonomi dan bisnis untuk menghasilkan temuan-temuan sebagai dasar pengembangan ilmu dan pemecahan masalah di bidang ekonomi dan bisnis secara nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta entrepreneurship yang dapat memberikan manfaat pada BUMS, BUMN, BUMK yang keterkaitannya dengan skala usaha baik besar maupun UMKM yang saling mendukung. Disamping itu memberikan manfaat pada Pemerintah baik Pusat maupun Daerah dalam koridor budaya organisasi UNIKOM PIQIE.
  4. Meningkatkan networking dengan industri baik ekstraktif, genetik, manufaktur maupun jasa, dalam organisasi swasta dan organisasi publik. Disamping itu sharing dan kolaborasi dilakukan dengan perguruan tinggi lain, baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan sarjana ekonomi dan ahli madya yang memiliki jiwa wirausaha (entrepreneur) yang tangguh dalam mengembangkan usahanya, baik dalam lingkungan usaha nasional maupun global dengan dukungan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang dilandasi nilai-nilai moral yang tinggi.
  2. Menjadikan Pusat Pengembangan Bidang ilmu ekonomi dan bisnis berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan menghasilkan sistem pembelajaran yang berbasis kompetensi.
  3. Menghasilkan penelitian yang dapat memperkaya khasanah keilmuan dengan menemukan konsep, yang dikonstruk melalui paradigma baru di bidang ekonomi dan bisnis yang berbasis pada moral dan etika dalam rangka memecahkan masalah ekonomi rakyat serta menunjang pembangunan daerah, nasional maupun International.
  4. Memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang manajemen dan akuntansi, baik dalam organisasi bisnis maupun publik melalui pendidikan, pelatihan/penyuluhan, pembimbingan/pembinaan dan konsultasi.
  5. Menghasilkan kinerja dari networking ditindaklanjuti dengan menyebarluaskan jaringan kerjasama, baik dengan perguruan tinggi, institusi lainnya termasuk dunia bisnis di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

Upaya yang dilakukan dalam rangka pencapaian Visi, Misi dan Tujuan tersebut adalah : terus menerus melakukan pembenahan dan penambahan infrastruktur, sesuai dengan Kapabilitas Universitas. Pembenahan Kurikulum dilakukan secara periodik dan konsisten dengan mengakomodasikan keinginan Stakeholders.

Awal tahun 2016 setelah disosialisasikan Keputusan Hasil Rapim UNIKOM bulan Desember 2015 yang mengacu pada Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan dari setiap Jenjang Pendidikan secara Nasional. Kemudian diatur melalui Permendikbud no. 73 Tahun 2013. Pengaturan tentang implementasi KKNI melalui Peraturan Mendikbud NO 81  tahun 2014.

FEB mulai melakukan pembenahan kurikulum pada akhir 2016 dan awal 2017 menuju pada Pemenristekdikti No.44 Tahun 2015 sebagai pengganti SNPT 2014.  Persiapan dimulai dari Tracing Profil lulusan untuk pembenahan kurikulum dengan capaian pembelajaran (Learning Outcome) sesuai dengan profil yg dibutuhkan tersebut. Dan ini akan dilakukan disesuaikan  dengan hasil tracing study setiap semester ( continous improvment ). Demikian juga Sumber Daya Manusia secara terus menerus ditingkatkan, baik Sumber Daya Manusia para pendidik maupun tenaga kependidikan. Hal ini kami lakukan dalam rangka mewujudkan Implementasi Renstra Kemenristek Dikti dalam meningkatkan kualitas pendidikan di FEB UNIKOM. Wujud dari kerja keras Civitas Academica  FEB adalah, pada Pelaksanaan Akreditasi oleh BAN PT pada tahun 2012, seluruh Prodi di lingkungan FEB yang telah divisitasi memperoleh Nilai akreditasi “A”. Pada tahun 2016 dalam pengulangan penilaian Akreditasi yang masih berlangsung yang masih dalam proses submit dan visitasi. Yang sudah dikukuhkan kembali dengan nilai A  Prodi S1 Manajemen, Prodi S1 Akuntansi, Prodi D3 Akuntansi, Prodi D3 Keuangan dan Perbankan. Sedangkan Prodi lainnya yang masih dalam proses penilaian agar mendapatkan nilai A. Suatu anugerah yang tiada ternilai harganya dari Allah Yang Maha Pengasih, yang disumbangkan untuk putra-putri kami di FEB UNIKOM.

Pada Tahun Akademik 2010/2011 FEB UNIKOM dipercaya untuk menjadi Provider Beasiswa Unggulan kerjasama dengan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) – Kemendikbud. Sebagai bukti kesungguhan dalam mengelola mahasiswa unggulan, maka telah melaksanakan Program Rintisan World Class University (WCU) dengan Program Double Degree/Joint Degree. Hal tersebut dilakukan dengan mendatangkan mahasiswa dari Perguruan Tinggi Mitra Asing dan melibatkan Dosen Perguruan Tinggi Mitra Asing dalam kegiatan supervisi, perkuliahan dan penelitian. Pada saat ini, FEB UNIKOM dengan “Youngsan University” di Korea telah melaksanakan Memorandum of Agreement (MoA) atau Technical of Agreement (TA) memuat kesepahaman tentang kurikulum yang digunakan, jumlah mata kuliah yang wajib dilaksanakan dan sistem satuan kredit transfer. Dalam implementasi Program Double Degree/Joint Degree dengan menggunakan pola 2:2 (2 tahun setara dengan 4 semester dilaksanakan di dalam UNIKOM dan 2 tahun setara dengan 4 semester dilaksanakan di Youngsan University Korea. Pada Tahun Akademik 2013/2014 yang dikirim untuk mengikuti Program Double Degree ke Youngsan University dan telah lulus berjumlah 20 orang, yaitu 7 dari Prodi S1 Akuntansi dan 13 dari Prodi S1 Manajemen.

 

Harapan kami, dengan diperolehnya pengalaman mereka kuliah sekaligus mengimplementasikan ilmunya melalui magang di Perusahaan terkemuka di Korea dijadikan bekal awal untuk berkiprah pada berbagai aktifitas masing-masing di Indonesia. Hal terutama yang merupakan ciri Bangsa Korea yang perlu diteladani oleh lulusan kami tersebut yaitu Etos Kerja mereka yang sangat Disiplin.

Disamping pemanfaatan Beasiswa Unggulan kerjasama antara BPKLN – Kemendikbud, UNIKOM memiliki Beasiswa Unggulan yang dilaksanakan untuk menciptakan insan yang unggul (kognitif, afektif dan psikomotorik) bagi Putra /i Indonesia yang berprestasi antara lain: pemberian beasiswa kepada para pemenang kejuaraan seni, olahraga, sains, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dan debat bahasa asing dan memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi terbaik di bidang akademik serta lomba lainnya bertaraf nasional dan/atau internasional. Persyaratan bagi mahasiswa unggulan adalah:

  1. Mengisi formulir Pendaftaran dan menyerahkan administrasi yang dipersyaratkan (Nilai UAN, Prestasi);
  2. Mengisi surat penyataan (sesuai dengan format Beasiswa Unggulan BPKL- Kemendikbud);
  3. Bagi yang kerjasama dengan PEMDA, membawa Surat rekomendasi dan institusi pengirim;
  4. Foto ukuran 3 X 4 dan 4 X 6 masing-masing 2 (dua) lembar;
  5. Mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa unggulan (PMB) program unggulan di UNIKOM;
  6. Seluruh berkas akan termasuk hasil seleksi dari UNIKOM akan dikirimkan ke Kemendikbud dan keputusan lolos tidaknya akan ditentukan oleh pihak berwenang di BPKLN Kemendibud.

Selanjutnya dengan penerapan Budaya PIQIE (Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Exellence), baik mahasiswa maupun dosen telah melakukan kompetisi positif dan sehat, baik di area internal maupun ekstemal. Unikom pada kompetisi ditingkat domestic dan Internasional Para dosen dan mahasiswa telah membuktikannya menjadi pemenang dalam berbagai kompetisi. Tercatat mahasiswa Prodi S1 Manajemen ada yang mampu menjadi pengusaha muda berprestasi di tingkat internasional (wirausaha bidang bumbu rendang ke manca Negara : Anita Tri Yusnina. Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi pernah menjuarai nasional Accounting week dan The winners of Democracy Video Challenge wakil Indonesia untuk Tingkat Asia Pasifik : Isabel Ximenes. Kompetisi Mahasiswa Berprestasi di Bidang ICT dan IPTEK telah mengantarkan Salah seorang TIM ALIX Wati Pitrianingsih mahasiswi Prodi S1 Akuntansi  mengikuti ajang Imagine Cup yang diselenggarakan oleh Microsoft dan memperoleh Juara 1 kategori World Citizenship pada ajang Imagine Cup dan selanjutnya terseleksi  dikirim ke Amerika mengikuti kejuaraan Internasional.  Tidak mau kalah bersaing dengan mahasiswa, dosen pun mampu memperoleh penghargaan sebagai dosen prestasi kopertis, peraih satya lencana karya sataya, dan wanita pembangunan Indonesia 2010 (Prof Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra.,SE.,M Si ). Demikian pula di Internal Unikom Dr. Siti Kurnia Rahayu, SE. M. AK.,Ak.,CA terseleksi diantara dosen-dosen teladan Fakultas dan terpilih menjadi Dosen Teladan tingkat Universitas. Hal ini membuktikan bahwa FEB UNIKOM berkomitmen mencapai motto UNIKOM “Quality is Our Tradition”.

Akhir kata, Selamat Bergabung di FEB UNIKOM. Asahlah pikiranmu di Kampus pilihan ini, karena kemuliaan manusia terletak pada pikirannya. Jadikanlah buku panduan ini menjadi sahabat setia, yang akan memandu dalam perjalanan studi mahasiswa. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan pahala yang setimpal pada seluruh pihak yang membantu hingga terselesaikan buku panduan ini, dan Rahmat serta Karunia-Nya untuk kita semua, “Katakanlah’ Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb Semesta Alam” (QS. 6: 162). Aamiin YRA.

 

Billahi fi sabililhaq

Wassalamu’allaikum Warahmutallahi Wabarakatuh