Sejarah, Visi & Misi Prodi Akuntansi S1

History

Sejarah Singkat Prodi Akuntansi UNIKOM :

  • Awal Mula: UNIKOM berawal dari Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman (LPKIG) pada Juli 1994, dan kemudian berkembang menjadi Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) pada 8 Agustus 2000.
  • Berdirinya Prodi Akuntansi: Prodi Akuntansi menjadi salah satu program studi yang ikut berdiri pada tanggal peresmian UNIKOM, 8 Agustus 2000, sesuai SK Mendiknas Nomor 126/D/O/2000.
  • Fokus Pendidikan: Prodi Akuntansi UNIKOM dirancang dengan pendekatan Outcome Based Education (OBE), menekankan pada lulusan yang kompeten secara teknis (akuntansi), memiliki soft skill memadai, serta integritas etika tinggi, mempersiapkan profil lulusan : Akuntan Publik, Akuntan Publik, Akuntan Manajemen, Akuntan Sektor Publik, Akuntan Pendidik, Konsultan (Pajak, Sistem Informasi, Keuangan) dan Wirausaha

Visi Program Studi

Visi Program Studi Sarjana Akuntansi adalah menjadi Program Studi Sarjana Akuntansi yang unggul dan berdaya saing global dalam menghasilkan lulusan yang profesional, adaptif terhadap perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, berjiwa wirausaha, serta menjunjung tinggi integritas di bidang akuntansi.

Misi Program Studi

Misi Program Studi Sarjana Akuntansi yang merupakan turunan dari Visi Program Studi Sarjana Akuntansi adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana yang unggul dan adaptif di bidang akuntansi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), berjiwa kewirausahaan, serta berwawasan global, melalui penerapan standar mutu nasional dan internasional, untuk menghasilkan lulusan yang profesional, etis, mandiri, dan responsif terhadap dinamika lingkungan
  2. Melaksanakan penelitian yang aplikatif dan inovatif untuk pengembangan ilmu dan pemecahan masalah di bidang akuntansi, selaras dengan nilai-nilai profesionalisme dan integritas UNIKOM
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang akuntansi yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta kewirausahaan, dengan menjunjung tinggi integritas dan mendorong inovasi untuk memberikan kontribusi nyata dalam penyelesaian permasalahan sosial dan ekonomi secara berkelanjutan.
  4. Mewujudkan tata kelola program studi yang profesional, transparan, dan akuntabel guna mendukung keberlanjutan pengembangan institusi dan pencapaian standar mutu pendidikan tinggi secara nasional dan internasional

Tujuan Program Studi

Tujuan untuk Misi 1:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana akuntansi yang kompeten, profesional, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu dan praktik di bidang akuntansi berbasis TIK.
  2. Membekali mahasiswa dengan jiwa kewirausahaan dan wawasan global, yang tercermin dalam kemampuan berpikir inovatif, beretika, dan siap menghadapi tantangan pasar kerja nasional dan internasional.
  3. Menerapkan dan menjaga standar mutu pendidikan nasional dan internasional dalam seluruh proses pembelajaran untuk menjamin kualitas capaian pembelajaran lulusan.

Tujuan untuk Misi 2:

  1. Meningkatkan kapasitas dan produktivitas penelitian dosen dalam bidang akuntansi yang aplikatif dan berbasis kebutuhan masyarakat serta industri.
  2. Mendorong keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen dan pengembangan topik-topik skripsi yang berorientasi pada pemecahan masalah nyata.
  3. Meningkatkan diseminasi hasil penelitian melalui publikasi ilmiah dan forum akademik berskala nasional dan internasional.

Tujuan untuk Misi 3:

  1. Meningkatkan peran aktif dosen dalam pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan bidang keilmuan akuntansi dan berbasis riset.
  2. Mendorong keterlibatan mahasiswa dalam program pengabdian kepada masyarakat yang aplikatif dan berbasis kolaborasi lintas sektor.
  3. Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat berbasis inovasi dan teknologi yang berdampak pada peningkatan kapasitas ekonomi dan sosial masyarakat.

Tujuan untuk Misi 4:

  1. Meningkatkan tata kelola program studi yang berbasis sistem dan prosedur yang profesional serta selaras dengan prinsip good university governance
  2. Memastikan pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) secara konsisten dalam seluruh aspek tridharma dan tata kelola program studi
  3. Meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sumber daya program studi secara berkelanjutan